FPPD - Forum Pengembangan Pembaharuan Desa

Tiga Tipe Kepemimpinan Kepala Desa

Menurut Sutoro Eko, tipe kepemimpinan kepala desa dibagi menjadi tiga tipe Kepemimpinan, yakni Kepemimpinan Regresif, Kepemimpinan Konservatif-Involutif dan Kepemimpinan Inovatif-Progresif. 
Kepemimpinan Regresif dapat dimaknai sebagai kepemimpinan yang berwatak otokratis, secara teori otokrasi berarti pemerintahan yang kekuasaan politiknya dipegang oleh satu orang. Salah satu cirinya adalah anti perubahan, terkait dengan perubahan tata kelola baru tentang Desa baik itu Musyarawah Desa, usaha ekonomi bersama Desa dan lain-lain sudah pasti akan ditolak. 

Kepemimpinan Konservatif-Involutif, merupakanmodel kepemimpinan ini ditandai dengan hadirnya kepala Desa yang bekerja apa adanya (taken for granted), menikmati kekuasaan dan kekayaan, serta tidak berupaya melakukan inovasi (perubahan) yang mengarah pada demokratisasi dan kesejahteraan rakyat. 

Kepemimpinan Inovatif-Progresif, kepemimpinan tipe ini ditandai dengan adanya kesadaran baru mengelola kekuasaan untuk kepentingan masyarakat banyak. Model kepemimpinan ini tidak anti terhadap perubahan, membuka seluas-luasnya ruang partisipasi masyarakat, transparan serta akuntabel. (Minardi)

kirim ke teman | versi cetak

 

Sabtu, 7 Agustus 2021 08:40:14 - oleh : admin

Informasi "" Lainnya